5 Manfaat Spearmint untuk Kesehatan

29 Juli 2017

Menyegarkan, spearmint adalah salah satu dari banyak varietas keluarga mint yang terkenal. Meskipun spearmint digunakan lebih banyak pada zaman kuno orang Yunani dan Romawi, spearmint kembali terkenal pada abad 18 sebagai pengobatan untuk masalah perut. Sebelumnya, selama abad pertengahan, spearmint digunakan untuk menyegarkan nafas dan memutihkan gigi. Berikut ini kami bagikan 5 manfaat spearmint untuk kesehatan.

5 Manfaat Spearmint untuk Kesehatan

5 Manfaat Spearmint untuk Kesehatan

5 Manfaat Spearmint untuk Kesehatan

Saat ini, mengkonsumsi spearmint sangat populer. Berkat mentol, bahan aktif di spearmint, tanaman ini bisa meringankan sejumlah masalah kesehatan dan kecantikan. Di bawah ini kami akan menjelaskan keuntungan utama mengkonsumsi ramuan ini.

1. Pencernaan

Spearmint paling terkenal karena penggunaannya untuk mengatasi masalah perut. Dikarenakan bersifat tenang dan antispasmodik, spearmint dapat membantu sistem pencernaan dengan kondisi seperti gas, pembengkakan perut, mual, gangguan pencernaan, dan kolik. Studi telah menunjukkan bahwa spearmint juga efektif untuk mengurangi irritable bowel syndrome. Hingga 75% peserta penelitian menunjukkan pengurangan gejala dari penyakit ini setelah mengkonsumsi kapsul minyak spearmint selama 4 minggu. Spearmint membantu meringankan masalah perut dengan merelaksasi otot-otot licin di saluran pencernaan. Untuk mengurangi masalah ini, Anda bisa membuat secangkir teh spearmint atau mengunyah daun ramuan ini.

2. Sakit kepala

Manfaat kesehatan lain dari spearmint adalah kemampuannya untuk mengurangi sakit kepala. Spearmint bisa menenangkan sakit kepala dengan salah satu dari 2 cara. Jika digosok pada kulit pada titik-titik strategis, seperti pelipis, minyak spearmint bisa mengendurkan otot-otot yang menyebabkan sakit kepala atau ketegangan. Jika terhirup, spearmint bisa meredakan tekanan di dada dan menimbulkan ketenangan.

3. Pilek dan Flu

Menthol, bahan aktif dalam spearmint, menipiskan lendir, membantu mengurangi kemacetan sinus dan dada dan menghilangkan lendir dari tubuh. Spearmint juga bisa mengurangi iritasi tenggorokan. Tambahkan beberapa tetes minyak spearmint ke humidifier dan hirup dalam-dalam.

4. Iritasi kulit

Berkat sifat pendinginannya, spearmint bisa menenangkan kulit yang teriritasi akibat gigitan serangga dan luka bakar, serta wabah yang disebabkan oleh poison ivy, poison oak, atau lainnya. Sama seperti semua minyak esensial, minyak spearmint bisa mengiritasi kulit jika tidak diencerkan sebelum dioleskan secara topikal.

5. Bau Mulut

Dikarenakan spearmint juga menjadi antibakteri dan antimikroba, mengunyah daunnya atau membilasnya dengan obat kumur berbasis spearmint dapat membantu menjaga bau mulut dan mencegah masalah kebersihan gigi yang disebabkan oleh kelebihan bakteri di mulut.

Nah, itulah 5 Manfaat Spearmint untuk Kesehatan yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 😀

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+