Cara Memasak Sayuran dengan Benar

1 November 2018

Tahukah Anda bahwa memasak sayuran dengan benar sama pentingnya dengan kesehatan Anda seperti mengonsumsi sayuran? Bergantung pada jenis panci, metode, minyak, dan bumbu yang Anda masak, Anda bisa mendapatkan makanan lezat tapi hampir tidak bergizi atau makanan yang kaya vitamin, mineral, dan rasa.

Pada artikel ini Anda akan menemukan kunci untuk memanfaatkan kebaikan sayuran, mudah, dengan hanya beberapa langkah sederhana.

Cara Memasak Sayuran dengan Benar

Cara Memasak Sayuran dengan Benar

Cara Memasak Sayuran dengan Benar

Minyak apa yang saya gunakan?

Langkah pertama adalah memilih minyak nabati berkualitas yang bekerja dengan baik pada suhu tinggi, karena sebagian besar minyak kehilangan nilai nutrisinya atau menjadi racun saat dipanaskan. Minyak terbaik yang digunakan adalah minyak kelapa dan minyak zaitun.

Minyak lainnya seperti minyak bunga matahari dan minyak wijen bisa digunakan untuk memberi rasa atau hiasan masakan olahan. Sementara mereka juga sehat, mereka tidak melakukannya dengan baik saat digunakan untuk memasak.

Pot apa yang harus saya gunakan?

Ilmu pengetahuan dan penelitian telah menunjukkan bahwa banyak pot dan peralatan dapur bisa menjadi racun seiring berjalannya waktu, melepaskan komponen kimia mereka seperti racun yang terbentuk di sistem tubuh, yang bisa sulit untuk dihilangkan dan dapat menyebabkan penyakit serius.

Sebaiknya gunakan panci dan wajan stainless steel, besi cor, kaca, keramik atau titanium. Anda harus menghindari aluminium, dan yang terpenting adalah panci dan wajan dilapisi dengan teflon, yang menurut banyak penelitian mengandung sifat karsinogenik yang menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

1. Memasak uap

Saat Anda memasak sayuran dengan mengukusnya, Anda memegangi semua khasiat nutrisi baik yang ada di sayuran, dan biarkan sayuran untuk mempertahankan warnanya dan teksturnya dengan lebih baik. Ini adalah cara yang sangat ringan untuk memasak, karena tidak ada minyak yang terlibat.

2. Osengan

Salah satu cara untuk memasak sayuran dengan sehat dan cepat adalah dengan membuat tumis dengan sedikit minyak. Jika Anda punya wajan yang praktis, lebih baik lagi, karena jenis panci ini memungkinkan panas untuk merata memasak sayuran menjadi segar dan mempertahankan rasa mereka.

3. Panggang atau dipanggang

Kedua pilihan ini juga sangat sehat dan dapat memastikan bahwa sayuran melestarikan sifat citarasa dan nutrisi mereka dengan baik. Dan, selain itu, memanggang atau memanggang memberi makanan Anda rasa lezat.

4. Infusi

Anda juga bisa membuat infus sayuran sehat yang dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan Anda. Dengan mencampur sayuran (seperti wortel dan bit) dengan mineral atau air yang disaring dengan garam (satu sendok teh garam laut per liter air dianjurkan). Anda dapat membiarkan infus terjerembab dalam wadah tertutup rapat selama setidaknya 2 minggu. Setelah dibuka, apa yang tidak Anda minum bisa disimpan di kulkas Anda.

5. Bumbu

Saat Anda memasak, selalu gunakan garam laut dan hindari garam olahan atau garam meja lainnya, yang kekurangan mineral penting. Anda juga bisa bermain dengan bumbu untuk memberi rasa makanan Anda, seperti jahe, jinten, paprika kering, oregano, basil segar, tomat kering atau paprika adalah pilihan penyedap yang sangat baik yang juga membantu pencernaan.

6. Saat menggunakan kacang polong

Jika Anda ingin memasukkan kacang polong ke dalam masakan sayuran Anda, kami sarankan selalu menggunakan sedikit biji rumput laut kombu dan jinten untuk lebih melembutkan kacang-kacangan dan memperlancar pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+