Integrasi Bisnis yang Bisa Dikembangkan dari Budi Daya Ikan

17 Maret 2017

Sektor perikanan Indonesia merupakan salah satu andalan pemasukan negara. Hal ini tentu tidak mengherankan sebab jenis ikan dan keadaan alam Indonesia mendukung proses budi daya secara maksimal. Kita bahkan sudah mampu mengekspor ikan dengan kualitas terbaik yang harga jualnya relatif tinggi.

Integrasi Bisnis yang Bisa Dikembangkan dari Budi Daya Ikan

Integrasi Bisnis yang Bisa Dikembangkan dari Budi Daya Ikan

Bisnis budi daya ikan rupanya sangat potensial untuk merintis jenis bisnis lainnya. Kalau kita sudah memiliki bisnis budi daya ikan, maka integrasi bisnis berikut ini akan menjadi inspirasi yang patut kita pertimbangkan:

Produksi Makanan Ikan

Produksi makanan ikan secara mandiri memang kerap dilakukan oleh para pebisnis budi daya ikan berkapasitas besar. Sebab biaya bahan baku dan produksi mandiri bisa jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan ikan yang sudah jadi. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan memproduksi makanan ikan untuk dijual kembali. Kita mesti menetapkan komposisi makanan ikan yang seimbang dan cocok untuk mendukung tumbuh kembang ikan. Maka produk kita pasti bisa bersaing di pasaran.

Sistem Pertanian di Sekitar Area Budi Daya

Aliran air yang digunakan pada bisnis budi daya ikan juga dapat dimanfaatkan untuk sektor investment di bidang pertanian. Pilihlah jenis tanaman yang karakternya cocok dengan air yang berasal dari tempat budi daya ikan. Aliran air pun bisa disalurkan ke lahan-lahan pertanian agar tanamannya tumbuh subur. Kita pun tak hanya bisa memanen ikan, melainkan juga bisa memperoleh tambahan penghasilan dari bidang pertanian.

Bisnis Aneka Olahan Berbahan Dasar Ikan

Ikan yang masih tersisa setelah panen bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka olahan bergizi. Hal ini sudah mulai dikembangkan oleh sejumlah pebisnis budi daya ikan di Pulau Jawa. Makanan berbahan dasar ikan yang sudah diolah tentu menjadi lebih awet dan nilai jualnya relatif tinggi. Beberapa produk olahan ikan yang populer dan sangat digemari antara lain ikan asap, abon ikan, dan kerupuk.

Mengenai masalah keterbatasan modal, kita tak perlu khawatir. Karena bukan hanya investasi sosial masyarakat yang bisa dikembangkan di Mekar.id. Kini para pengembang UMKM mendapatkan kesempatan untuk meminjam modal dari dengan prosedur yang mudah di Mekar.id. Sistem modern investment ini membuat para investor bisa menentukan pengembang UMKM yang akan mendapatkan pinjaman modal. Proses investasi dan peminjaman modal yang transparan dan praktis akan mendukung berkembangnya berbagai sektor bisnis di tanah air. Kondisi ekonomi negara pun akan bertumbuh secara pesat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+