Perawatan untuk Sakit Pinggang

19 September 2018

Jika Anda menderita sakit punggung, Anda sebenarnya tidak dianjurkan untuk benar-benar beristirahat. Dalam 2 hari pertama, Anda harus mulai berlatih aktivitas fisik menengah tanpa gerakan mendadak atau latihan angkat beban.

Nyeri punggung bagian bawah terkait dengan kondisi tertentu di vertebra lumbal dan struktur jaringan sekitarnya, seperti otot, ligamen, dan saraf, dan bahkan diskus intervertebralis. Lumbago adalah istilah yang mendefinisikan kondisi ini yang bisa berlangsung beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Pada artikel ini, kami akan berbagi tentang beberapa perawatan yang berbeda untuk nyeri punggung.

Perawatan untuk Sakit Pinggang

Perawatan untuk Sakit Pinggang

Perawatan untuk Sakit Pinggang

Beberapa tes perlu dilakukan sebelum memulai perawatan untuk sakit pinggang. Tes ini dapat menentukan penyebabnya, yang penting untuk menyingkirkan masalah yang lebih serius yang dapat memiliki gejala yang sama, seperti osteoporosis atau bahkan infeksi atau lesi yang memerlukan pembedahan, atau pada kasus yang ekstrim, kanker.

Kemungkinan besar sejumlah besar orang di dunia menderita setidaknya satu kali sakit punggung dalam hidup mereka. Nyeri bisa dirasakan di bagian belakang manapun, namun rasa sakit yang paling umum dialami di punggung bagian bawah, dikenal dengan daerah lumbar. Penyakit ini sangat umum karena bagian tubuh ini menerima sebagian besar berat badan.

Setelah pilek dan flu, sakit pinggang adalah salah satu alasan paling umum bahwa banyak orang mendatangi dokter. Sebagian besar lesi pada bagian belakang ini disebabkan oleh kerja, dari pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk secara teratur mengangkat benda berat, atau tetap berada pada posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama.

Sakit pinggang akut bisa disebabkan oleh kejatuhan atau kekuatan yang tidak mencukupi yang dapat mempengaruhi beberapa otot dan ligamen di sekitar punggung, dan akibatnya, menyebabkan keseleo pada salah satu otot ini.

Penyebab sakit pinggang tiba-tiba

  • Fraktur disebabkan oleh osteoporosis atau penyakit rematik
  • Bila sumsum tulang belakang dikompromikan oleh kanker
  • Kejang otot saat mereka tetap sangat tegang
  • Herniated disk, broken disk, atau infeksi yang bisa merusak tulang belakang
  • Kekuatan berlebihan dari mengangkat beban secara tidak benar
  • Stenosis spinalis disebabkan oleh peregangan kanal tulang belakang
  • Skoliosis atau kyphosis yang merupakan kelengkungan tulang belakang. Kondisi ini bisa turun-temurun dan bisa muncul pada anak-anak dan dewasa muda.
  • Strain atau air mata pada otot dan ligamen
  • Kehamilan
  • Penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita, seperti kista ovarium atau kanker, atau mioma rahim

Rekomendasi untuk mencegah atau mengobati sakit pinggang

  • Istirahat dan hentikan melakukan aktivitas berat selama beberapa hari agar pembengkakan di daerah ini turun yang akan mengurangi rasa sakit lebih cepat.
  • Dianjurkan untuk menggunakan kompres dingin beberapa hari pertama, dan kemudian oleskan yang panas, yang membantu dengan kejang otot yang disebabkan oleh rasa sakit.
  • Beberapa analgesik dapat dikonsumsi terutama selama beberapa hari pertama, sementara otot kembali normal. Ini perlu diresepkan oleh dokter dan ingat bahwa tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda untuk mengobati sendiri.
  • Berbaring dalam posisi janin dengan bantal di antara kedua kaki Anda. Jika Anda suka tidur telentang, Anda bisa meletakkan bantal di bawah lutut untuk menjaga kaki tetap pada posisi yang menurunkan tekanan di bagian belakang.
  • Setelah beristirahat selama beberapa hari, Anda bisa mulai melakukan aktivitas fisik lagi, karena tidak dianjurkan untuk tetap awet untuk waktu yang lama. Anda hanya boleh melakukan aktivitas ringan, mencoba menghindari mengangkat benda berat dan bergerak cepat dalam tiga minggu setelah munculnya gejala pertama.
  • Jika nyeri lumbar tidak hilang dengan olahraga dan analgesik, perlu melihat ahli terapi fisik, yang dapat merekomendasikan beberapa latihan peregangan yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah cedera di masa depan.
  • Cara terbaik untuk menjaga kondisi ini terkendali adalah melalui olahraga teratur dan postur tubuh yang baik. Saat duduk dalam jangka waktu yang lama, Anda harus memilih kursi dengan punggung, sehingga punggung Anda benar-benar didukung. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah episode sakit pinggang.
  • Anda harus menghindari kenaikan berat badan, yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat terutama berdasarkan buah dan sayuran.

Pengobatan Rumahan untuk Meringankan Sakit Pinggang

  • Pengobatan rumahan yang sangat efektif adalah pijat lembut dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial yang dicampur dengan sesendok minyak almond. Pijat ke arah otot selama 5 menit, dan ulangi 3 kali sehari.
  • Rebus 3 sendok penuh verbena dalam secangkir air, basahi lap dengan campuran ini, dan tempatkan di daerah yang terkena dengan air terpanas yang bisa Anda toleransi tanpa membakar diri sendiri. Pengobatan ini bisa diulang beberapa kali sehari.
  • Tambahkan 10-15 tetes minyak pohon teh ke bak air, dan rendam setidaknya 20 menit.
  • Masaklah 3 sendok minyak biji rami dengan sesendok sesawi, rebus dan taruh kompres di area yang terkena setiap malam sampai ada perbaikan.

Nah, itulah perawatan untuk sakit pinggang yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+